Kamis, 27 Maret 2014

Membuat Resep Diet Sehat

 

  • Tetaplah makan tiga kali secara teratur setiap hari. Terlambat makan akan membuat Anda kelaparan dan makan dalam porsi banyak pada satu waktu. Dengan makan teratur, asupan makanan yang Anda konsumsi akan lebih teratur pula.
  • Makanlah di meja makan dan kunyahlah hidangan secara perlahan sehingga Anda sadar berapa jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda. Makan sambil nonton televisi atau main game hanya akan membuat Anda makan lebih banyak karena berkonsentrasi pada tayangan yang Anda lihat, bukan pada makanan yang anda konsumsi.
  • Jangan membiasakan diri makan malam atau ngemil mendekati jam tidur. Kebiasaan ini bisa menyebabkan berat badan Anda naik, dan Anda akan bangun dalam keadaan kelelahan karena pada waktu tidur, organ pencernaan masih harus bekerja mengolah makanan yang baru saja Anda santap.
  • Tambahkan teh hijau dan susu kedelai pada menu makanan Anda, karena teh hijau dipercaya dapat meluruhkan lemak dan kolesterol, sedangkan susu kedelai dapat memenuhi kebutuhan protein. Susu kedelai lebih sehat karena tidak mengandung kolesterol seperti susu hewan.
  • Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi, tetapi konsumsi karbohidrat yang berlebihan, terutama karbohidrat olahan seperti nasi putih dan roti putih dapat menyebabkan kegemukan. Sebaiknya Anda mengganti konsumsi nasi putih dan roti dengan nasi merah dan roti gandum.
  • Gantilah kebiasaan ngemil dengan memperbanyak makan sayur dan buah. Anda akan merasa kenyang lebih lama, dan kebutuhan vitamin serta mineral Anda bisa terpenuhi.
  • Terakhir, untuk melengkapi, luangkan waktu untuk berolah raga. Olah raga secara teratur dapat membantu mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh Anda. Selain itu, olah raga dapat membantu menghilangkan stres dan membuat tubuh Anda lebih bugar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar