Sabtu, 23 November 2013

Mengatasi Masalah Akibat Smoothing Rambut

Rambut lurus sepertinya lebih populer di jaman sekarang, terutama untuk para wanita. Rambut yang panjang dan lurus layaknya mahkota yang makin memperindah tampilan wanita jaman sekarang. Banyak yang akhirnya menggunakan metode smoothing ataupun rebonding untuk menyulap rambut keriting menjadi lurus. Tapi, tahukah anda bahwa smoothing rambut dapat berakibat buruk. Berikut ini adalah beberapa masalah yang disebabkan smoothing rambut, dan cara menanganinya.

Rambut Rontok Karena Sering Smoothing Rambut
Banyak sekali wanita dengan masalah seperti ini setelah sering smoothing rambut. Saat rambut di smoothing, proses tarikan yang dilakukan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Solusi dari masalah ini adalah mengatur suhu alat smoothing agar tidak terlalu panas. Kalau rambut kamu rentan rontok atau sudah mengalami banyak kerontokan, lakukan secara perlahan-lahan saat menarik rambut dan menggunakan alat smoothing. Jika kamu melakukan smoothing rambut di salon, kamu dapat memberitahukan karyawan salon sebelum melakukan smoothing rambut.

Alergi Obat Smoothing Rambut
Biasanya, obat smoothing rambut digunakan agar rambut dapat lurus dengan sempurna dan bertahan lebih lama. Namun, di beberapa kasus zat aktif atau bahan kimia yang terkandung di dalam obat smoothing dapat mengakibatkan alergi dan iritasi di kulit kepala, terutama pada orang yang memiliki kulit sensitif. Efek samping dari obat tersebut dapat berupa alergi ringan atau berat. Jika kamu merasa gatal dibagian yang berkontak langsung dengan obat smoothing, kamu termasuk ke alergi ringan. Alergi yang berat bisa dideteksi dengan reaksi gatal ke tempat lain atau seluruh tubuh, dan juga menyebabkan kulit melepuh. Solusinya adalah menghidari dan tidak memakai obat tersebut. Ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bahan yang terkandung di dalam obat smoothing tersebut.

Rambut Rusak Setelah Smoothing Rambut
Kemungkinan akan kerusakan rambut setelah smoothing sangatlah besar. Batang rambut mudah rusak pada proses pencatokan karena menggunakan alat yang panas. Solusinya adalah menggunakan steamer agar proses penyerapan obat smoothing lebih cepat dan tidak memakan waktu lama saat pencatokan. Atur suhu steamer tidak terlalu panas agar tidak merusak kutikula dan membakar rambut.

Perawatan Sesudah Smoothing Rambut 
Selain memperhatikan perawatan yang dilakukan sebelum smoothing rambut, kamu juga harus melakukan perawatan sesudahnya. Setelah smoothing rambut, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga rambut tetap sehat, lembut, dan awet lurusnya. Rambut akan sangat rentan untuk bercabang, rusak, kering, dan merah setelah smoothing rambut.
  1. Kamu boleh berkeramas setelah 3 hari sesudah proses smoothing. Ini karena obat smoothing masih bekerja selama 3 hari. Agar hasil yang didpatkan lebih maksimal, jangan mengikat rambut.
  2. Gunakan hair mask, setelah lewat tiga hari. Pilihlah hair mask dari bahan alami yang sehat dan cocok untuk rambut anda.
  3. Keramaslah sebanyak dua kali dalam satu minggu untuk menjaga kelembaban rambut. Jangan lupa gunakan kondisioner, terutama ujung rambut yang mudah bercabang dan rusak. Vitamin rambut juga sangat berguna untuk menutrisi rambut.
  4. Gunakan handuk, dan tepuk-tepuk rambut kamu. Biarkan rambut kamu kering tanpa menggunakan hair dryer.
  5. Agar terbebas dari ujung rambut yang kasar dan bercabang, lakukan trim minimal satu kali dalam sebulan. Selain itu, trim juga sangat berguna untuk mempercepat pertumbuhan rambut.
  6. Agar tidak mudah rontok, gunakan sisir dengan gigi jarang.
  7. Agar rambut tetap lembab, pakai anti-frizz oil atau anti-frizz spray.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar